Hikmah Diharamkannya RIBA

Oleh: Mas Imam.

Al Allamah Ibnu Hajar Al Haytami Rahimahullah dalam Kitab Az Zawajir (I/180) menyebutkan hikmah tersebut ada beberapa poin :
1. Merampas kehormatan harta seorang muslim dgn diambil secara lebih tanpa ganti.
2. Membahayakan orang miskin karena kebanyakan yg terjadi, bahwa pemberi hutang adalah orang kaya sementara yg berhutang adalah orang miskin. Kalau sikaya diberi kesempatan mengambil harta lebih dari yg dihutangkan, tentu akan membahayakan si miskin.
3. Terputusnya kebajikan dan amal shalih dalam memberikan pinjaman. Karena kalau satu dirham harus dibayar dgn dua dirham, tidak mungkin orang lain bisa memberikan satu dirham saja.
4. Terputusnya mata pencaharian, perniagaan, industri dan perusahaan yg menentukan kemaslahatan dunia.

Karena orang yg sudah terbiasa menyulap uang satu dirham menjadi dua dirham, bagaimana mungkin akan mampu menahan kesulitannya berjual beli dan memeras keringat ?

Sesungguhnya Allah سبحانه وتعالى telah menetapkan syariat bagi para hamba Nya untuk membina mereka agar saling mengasihi dan menyayangi, agar masing2 bisa menolong yg lain, terutama bila dalam kondisi terdesak sekali. Oleh sebab itu Allah mengharamkan RIBA yg bentuknya memanfaatkan kesulitan sesama muslim. Allah menghalalkan jual beli yg keuntungannya tidak hanya menjadi hak paten orang kaya raya dgn memakan harta si miskin.

Allah juga menentukan cara bergaul diantara umat manusia dalam kehidupan mereka dengan satu dasar: agar masing2 dapat mengambil keuntungan dari yg lain, tentunya sebagai kompensasi pekerjaan atau sejenisnya yang dia lakukan, atau sebagai ganti dari sesuatu yg dia berikan. Sementara RIBA tidak memiliki unsur-unsur itu.
Sssttt, jangan lihat kanan kiri depan belakang atas bawah, hayya bina !!!
Ulama Dunia dan MUI telah keluarkan Fatwa bahwa Perbankan dan Asuransi Konvensional itu Ribawi
Tapi kenapa ya, kita masih senang ke Bank Konvensional ?
Ikut Asuransi Konvensional ?
tergoda RIBA...
RIBA : Rayuan Iblis Berujung Azab
dasar Riba diperoleh dari BUNGA Bank Konvensional
BUNGA : Bertambah Uang Neraka Ganjaran Anda

Astaghfirullah, Tobat Ya Rabb !!!
Ya Rabb mudahkan hambamu ini untuk memutjp REKENING YANG ADA DI BANK Konvensional, karena takut dengan azabmu Ya Rabb...
 

Advertisement

0 Response to "Hikmah Diharamkannya RIBA"

Post a Comment