Manfaat Okra atau Kacang Lendir

Yok nanam Okra atau Kacang Lendir/ Bendi.
Mudah sekali menanam tumbuhan ini, tingginya bisa mencapai dua meter. Setelah tiga bulan mulai berbunga dan berbuah. Setelah bunganya yang mirip bunga kecubung kembang,  esokan hari nya melayu dan gugur, tumbuh buahnya. Kacang Lendir ini terus membesar, setelah empat hari sudah bisa dikonsumsi, kalau enam hari malah kulitnya menjadi keras.
Dapat ditanam di polibeg, atau ditanah. Setiap cabang menghasil kan buah tak henti hentinya sepanjang masa.
Bendi (Abelmoschus esculen tus Moench, (bahasa Inggris: lady's fingers, okra, atau gumbo) adalah sejenis tumbuhan berbunga dalam suku Malvaceae yang berasal dari kawasan di sekitar Ethiopia kini. Dulunya tumbuhan ini termasuk dalam genus Hibiscus, namun kini diubah menjadi termasuk genus Abelmoschus. Ia banyak ditemui di kawasan tropis.
Ukurannya sebesar cabai hijau besar, kelilingnya berlekuk, berbulu halus dan berwarna hijau. Jika dipotong akan terlihat biji-biji kecil dikelilingnya. Jika dimasak akan keluar lendir dari dalamnya. Ra sanya renyah dengan tektur mirip terung. Sayuran ini bisa diolah menjadi kari, balado, campuran salad atau hidangan tumis. Tanaman ini buahnya diyakini secara ilmiah berkhasiat untuk kesehatan dan beberapa penyakit diantaranya: mencuci hati(lever), menstabilkan kadar gula darah,melumasi/ melicinkan usus besar, mencegah dan menyembuhkan sembelit pada orang orang tua, Membantu pertumbuhan bakteri baik dalam saluran usus Baik di konsumsi untuk mengurangi perasa an murung, sedih, letih dan rasa tidak nyaman, merawat ulcer dan mengurangkan kekejangan di persendian
Khasiat Okra Bagi Kesehatan antara lain:
Cara Menggunakan Okra Untuk Penderita Gula Darah dan Kolesterol
3 atau 4 buah okra, dirajang tipis, direndam dalam 2 gelas air, lalu masukkan di kulkas selama kira-kira 3 (tiga) jam.
Hasil dari rendaman ini airnya menjadi berlendir.
Selanjutnya diminum air nya saja, baik untuk diminum setelah makan.
Setelah airnya habis diminum, tambah 2 gelas air lagi.
Hasil rendaman kedua ini lendirnya tambah kental.
Sejuk dingin rasanya, untuk minuman se hari-hari
Irisan okra ini dapat direndam sampai 3 kali.
Bagi Penderita Asam urat dan kolesterol, Sesudah 12 -14 hari, cek darah Anda di laboratorium. Bila hasilnya baik, mungkin bisa stop obat dokter, gunakan okra sebagai pengganti obat.
Bagi pria yg sakit diabetes, impoten, minum rendaman Okra ini sampai 1 bulan, dan rasakan hasilnya. Bagi yang sakit lutut kena Osteo Arthritis, sakitnya dapat mereda dengan minum air rendaman ini.
Selamat mencoba semoga tetap sehat dan bugar, Salam Sehat!
Menetralkan asam lambung, meringankan ra dang paru paru, sakit kerongkongan dan ambeien/wasir.

Advertisement

0 Response to "Manfaat Okra atau Kacang Lendir"

Post a Comment